Biak (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Biak Numfor, Papua menyediakan layanan cepat gawat darurat medis untuk masyarakat di daerah setempat secara gratis melalui Public Safety Center (PSC) 119.

"Tiga layanan lain PSC 119, yakni layanan home Care, layanan ambulans 24 jam dan layanan rujukan pasien," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Biak Numfor Daud N.Duwiri di Biak, Selasa.

Diakuinya Duwiri, layanan PSC 119 Dinkes merupakan layanan cepat tanggap darurat kesehatan.

Diakuinya, layanan ini dibentuk Kemenkes pada tahun 2016 bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan untuk membantu penanganan kesehatan terhadap masyarakat.

Melalui layanan ini, menurut Duwiri, tidak hanya berhubungan dengan kecelakaan tetapi juga dalam situasi kritis tanggap darurat kesehatan masyarakat.

"Layanan PSC 119 yang disediakan Dinkes Biak tidak dipungut biaya gratis," kata Kadiskes Duwiri.

Disebutkan, bila ada masyarakat yang menghubungi 119 maka call center akan menanyakan dimana lokasi tempat kejadian bersangkutan.

Saat mengetahui lokasinya, lanjut dia, maka tim medis akan mengarahkan ambulans dari Puskesmas, pos kesehatan, rumah sakit pemerintah yang paling dekat dengan lokasi kejadian.

"Karena ini layanan untuk masyarakat maka berbagai kebutuhan kesehatan warga menjadi prioritas," harap Duwiri.

Bagi warga Kabupaten Biak Numfor yang ingin memanfaatkan PSC 119 dapat menghubungi nomor HP 08114860119.

Pada tahun 2023 Kementerian Kesehatan Republik Indonesia memberikan bantuan kendaraan operasional ambulans laut dan mobil ambulans untuk mendukung kelancaran kegiatan Sail Teluk Cenderawasih (STC) pada 1-7 November 2023.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024