Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura mengajak seluruh masyarakat khususnya yang tinggal di Danau Sentani untuk budi daya ikan air tawar guna meningkatkan ekonomi.

Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo saat dihubungi dari Jayapura, Minggu mengatakan masyarakat orang asli Papua (OAP) yang hidup di Danau Sentani harus sejahtera.

“Untuk mewujudkan itu membutuhkan komitmen semua pihak terutama masyarakat itu sendiri yang menjadi subjek utama,” katanya.

Menurut penjabat bupati, pemerintah dan masyarakat harus berjalan bersama dalam menghidupkan sektor perikanan di Danau Sentani.

“Kita harus bergerak maju dalam mengembangkan ekonomi, sosial, budaya dan pariwisata terutama budi daya ikan untuk memperoleh kesejahteraan yang diharapkan,” ujarnya.

Penjabat bupati menjelaskan sumber daya telah dimiliki masyarakat berupa danau, sehingga ini harus menjadi modal dalam mengembangkan budi daya ikan air tawar.

“Dikelola baik, kalian bisa membawa ke pasar atau bekerja sama dengan warung atau restoran untuk menampung ikan-ikan ini supaya bisa mendapatkan keuntungan bagi masyarakat,” katanya.

Dia mengatakan, bantuan yang diberikan pemerintah sebagai stimulan atau pendorong untuk masyarakat terpacu mengembangkan sumber daya yang ada di sekitarnya.

“Ini hanya fasilitas yang diberikan dan bantuan-bantuan yang diberikan itu harus ada nilai manfaatnya sehingga sektor ekonomi masyarakat terdorong,” katanya.

Sebelumnya Pemkab  Jayapura telah menyerahkan bantuan benih ikan 1.000 ekor per keluarga, pakan tujuh karung (per karung 50 kg) dan waring ikan setiap keluarga satu buah ke masyarakat tujuh kampung Distrik Sentani Timur, pada Jumat (13/10) 2023.
 

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024