Timika (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah memberikan sosialisasi peningkatan kapasitas perempuan menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) pada Februari 2024.

Komisioner KPU Mimika Elisabeth melalui rilis kepada ANTARA di Timika, Kamis, mengatakan kegiatan sosialisasi peningkatan kapasitas perempuan di bidang politik dalam menghadapi Pemilu 2024, diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) setempat.

"Guna meningkatkan kapasitas perempuan dalam politik maka harus dilakukan kolaborasi antar sektor baik KPU, Parpol maupun pemerintah daerah," katanya.

Menurut Elisabeth, sosialisasi ini dikemas dengan perumusan kebijakan teknis dan pemantapan pelaksanaan bidang pendidikan politik, etika budaya, fasilitas kelembagaan pemerintah, penegakan demokrasi.

"Kami akan terus konsisten melakukan sosialisasi kepada perempuan, pemilih pemula maupun masyarakat umum," ujarnya.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Mimika Paulus Dumais menjelaskan pendidikan politik merupakan kewajiban partai politik untuk membangun kemajuan politik dan meningkatkan kesadaran politik masyarakat.

"Parpol harus memberikan kontribusi dan dalam pendidikan politik agar masyarakat merasakan manfaat keberadaan nya," katanya.


Dia menambahkan dengan adanya sinergi parpol, pemerintah dan organisasi masyarakat bersama kpu, bawaslu dapat menciptakan kesadaran berpolitik perempuan di Mimika.

"Mari bersama sama kita membangun kolaborasi dan berinovasi guna mensukseskan Pemilu 2024 di Mimika," ujarnya.

Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024