Istanbul, Turki (ANTARA) - LKBN ANTARA memperkenalkan fasilitas ASEAN Newsroom Corner kepaa mitra dari Vietnam di jamuan makan malam Konferensi dan Pertemuan ke-51 Dewan Eksekutif Organisasi Kantor Berita se-Asia Pasifik (OANA) di Istambul, Turki.

"Kami akan mendirikan ASEAN Newsroom Corner di kantor kami berlokasi di pusat Kota Jakarta dan akan siap pada tahun depan. Kami ingin mengundang sejumlah kantor berita ASEAN untuk memanfaatkan fasilitas tersebut," kata Direktur Utama Perum LKBN Antara Akhmad Munir di Istanbul, Turki, Senin malam.

Menurut Cak Munir, sapaan akrab Dirut Antara, area co-working space itu bisa jadi tempat berkumpul wartawan Asia Tenggara sehingga meningkatkan rasa saling paham antarmasyarakat.

"Juga memperkuat kerja sama antar kantor berita ASEAN dan menumbuhkan kolaborasi bisnis di masa depan. Tahun depan dapat dicapai nota kesepahaman antarkantor berita ASEAN mengenai ASEAN Newsroom Corner," harapnya.

ANTARA, tambah Cak Munir, akan menjajaki ASEAN Newsroom Corner itu ke Kantor Berita Malaysia Bernama, Kantor Berita Filipina PNA, dan sejumlah kantor berita ASEAN lainnya.

Sementara itu, Dirjen Kantor Berita Vietnam VNA, Vu Viet Trang, menanggapi positif penjajakan itu karena memiliki biro di Jakarta.

"Saya menilai baik hal itu karena dan mendukung pendirian fasilitasnya. Pihaknya akan berdiskusi lebih lanjut mengenai upaya keberadaan ASEAN Newsroom sehingga dapat bermanfaat luas," ujar Trang.

ASEAN Newsroom Corner diresmikan simbolis Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi pada KTT ke-43 ASEAN di Jakarta adalah area kerja bersama wartawan kantor berita di Asia Tenggara berlokasi di kompleks Perantaraan Pasar Baru Jakarta. 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: ANTARA perkenalkan ASEAN Newsroom Corner di sela-sela Konferensi OANA

Pewarta : Bayu Prasetyo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024