Biak (ANTARA) - Pelajar sekolah dari berbagai jenjang pendidikan bersama warga dan TNI/Polri di Kabupaten Biak Numfor, Papua, melakukan aksi bersih-bersih sampah pantai Tiptop Yenures dalam rangka menjaga Biak bersih, Sabtu sore.

"Pembersihan dengan mengangkut sampah di pantai Tiptop bersama komunitas Rumah Kreatif Biak (RKB), Containder dan Unilever," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Biak Numfor Iwan Ismulyanto seusai bersih-bersih pantai di Biak, Sabtu.

Kadis Iwan mengatakan untuk setiap sampah plastik yang diangkut dan dikumpulkan akan ditimbang sesuai dengan jumlahnya.

Dari hasil jumlah sampah plastik yang diangkut dan dikumpulkan, menurut Iwan, akan ditimbang dan dibayar dengan menggunakan aplikasi containder.

"Jika memakai aplikasi containder sampah plastik ditambah sebesar Rp1.000/kg dari harga pembelian," kata Kadis Lingkungan Hidup Iwan.

Dia menyampaikan terima kasih dengan warga dan siswa sekolah yang ikut bersih-bersih sampai sebagai wujud kepedulian masyarakat terhadap lingkungan.

Pihak DLH Biak mendukung program bersih sampah dengan menyediakan mobil truk dan motor roda tiga pengangkut sampah.

Iwan mengatakan jajaran DLH memberikan apresiasi kepada semua pihak yang ikut membersihkan pantai Tiptop dari sampah.

"Ini bukti warga Biak Numfor selalu menjaga kebersihan lingkungan yang sehat dan bebas sampah," ujarnya.

Pantauan ANTARA di lokasi pantai Tiptop Yenures terlihat anak-anak dan orang tua ikut membersihkan sampah sebagai kecintaan terhadap kebersihan lingkungan.

Pembersihan pantai Tiptop Yenures dilakukan warga Biak Numfor bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2023.*

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024