Jayapura (ANTARA) - BRI Regional Office Wilayah Jayapura terus fokus dalam memberikan dukungan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah itu di mana salah satu upaya yang dilakukan yakni mempermudah transaksi menggunakan Quick Response Indonesia Standard (QRIS).

Regional CEO BRI Wilayah Jayapura Hery Noercahya di Jayapura, Senin, mengatakan saat ini pihaknya telah memasang 45 ribu QRIS baik di pusat perbelanjaan modern dan tradisional bahkan di Pasar Sentra Hamadi, Distrik Jayapura Selatan hampir 100 persen pedagang bertransaksi menggunakan aplikasi BRImo.

"Kami melihat saat ini ada peningkatan yang cukup signifikan karena sebelumnya hanya lima persen dan sekarang sudah mencapai 45 persen," katanya.

Menurut Hery, pihaknya juga secara masif memberikan edukasi kepada masyarakat tentang penggunaan QRIS sehingga dapat menghindari risiko seperti peredaran uang palsu.

"Ini merupakan komitmen kami kepada UMKM selain memudahkan tetapi juga memberikan edukasi terkait penting bertransaksi menggunakan QRIS ," ujarnya.

Dia menjelaskan penggunaan QRIS dengan aplikasi BRImo di Jayapura sudah di atas 60 persen sehingga pihaknya berharap ke depan akan semakin meningkat.

"Bank BRI Regional Jayapura juga siap berkolaborasi dengan ritel modern seperti Saga Group dalam pengembangan UMKM di Papua," katanya lagi.

Dia menambahkan sehingga ke depan ada UMKM di Papua yang bisa memproduksi sendiri.

"Dan juga ada konsumen tetap sementara untuk Saga Group lebih menghemat biaya dari pada pengiriman barang dari Jakarta ke Jayapura," ujarnya lagi.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024