Sentani (ANTARA) - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Jayapura di Provinsi Papua memasang kamera pengawas (Closed Circuit Television/CCTV) dan menyiagakan petugas keamanan pada malam hari dalam upaya menjaga keamanan lingkungan kantor.

"Setelah saya menjabat sebagai kepala DPMPTSP Desember 2022, beberapa bulan kemudian langsung pasang CCTV," kata Kepala DPMPTSP Kabupaten Jayapura Alex Rumbobiar di Sentani, Kamis.

Menurut Alex, pemasangan CCTV semula hanya ditujukan untuk memantau aktivitas pelayanan pengurusan perizinan investasi, tetapi selanjutnya dimanfaatkan pula untuk mendukung upaya pengamanan lingkungan kantor.

"Jadi, saya bisa mengontrol pelayanan perizinan, keamanan, siang maupun malam hari, hanya dengan telepon genggam dari mana saja," katanya.

Dia mengemukakan pentingnya pemasangan kamera pengawas di lingkungan kantor pemerintah daerah guna mencegah tidak kejahatan yang dapat merugikan banyak orang.

Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo telah menginstruksikan Dinas Komunikasi dan Informatika memasang kamera pengawas guna mendukung upaya pengamanan kantor-kantor pemerintah.

Kamera pengawas antara lain sudah dipasang di Kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, DPMPTSP, serta ruangan Sekretariat Daerah dan Kantor Bupati.

 

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024