Biak (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Biak Numfor, Papua mengajak 18 parpol peserta pemilu dan masyarakat di daerah setempat untuk mewujudkan kampanye damai di Pemilu 2024.

"Deklarasi kampanye damai menjadi komitmen bersama Bawaslu, KPU, parpol, ormas pemuda, adat, lembaga keagamaan dan TNI/Polri untuk diimplementasikan mewujudkan Pemilu 2024 aman, damai, kondusif serta demokrasi," ujar Ketua Bawaslu Simon Y.Mandowen seusai deklarasi kampanye damai pemilu di Biak, Jumat.

Ia mengatakan, beberapa poin isi kesepakatan deklarasi kampanye damai diantaranya mematuhi segala bentuk peraturan dan ketentuan yang berlaku serta tidak mengikutsertakan pihak-pihak yang dilarang ikut kampanye.

Peserta Pemilu juga diingatkan Bawaslu, tidak menggunakan fasilitas pemerintah, tempat ibadah dan tempat pendidikan untuk kegiatan. Bawaslu juga mengajak peserta pemilu tidak melakukan kampanye hitam dengan menghasut dan mengadu domba masyarakat.

Melaksanakan kampanye berdasarkan peraturan undang-undang yang berlaku, lanjut Simon, dan menolak segala bentuk kecurangan dalam Pemilu 2024 di Kabupaten Biak Numfor.

"Dalam hal terjadi sengketa pemilu akan dilaksanakan penyelesaian melalui mekanisme sebagaimana peraturan perundang-undangan," ujar Ketua Bawaslu.

Sementara, Kapolres Biak AKBP Damianus Dedy Susanto menegaskan, jajaran Polres Biak Numfor akan mengawal tahapan proses pemilu berlangsung demokrasi, aman, damai dan kondusif.

"Mari kita wujudkan isi kesepakatan deklarasi kampanye damai Pemilu 2024 yang sudah ditandatangani bersama," katanya.

Ketua KPU Biak Matheus G.Ronsumbre mengatakan, jadwal kampanye peserta pemilu berlangsung serentak 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.

"Adanya deklarasi kampanye pemilu damai diselenggarakan Bawaslu bersama parpol peserta pemilu, TNI/Polri, ormas pemuda dan komponen masyarakat perlu diapresiasi karena adanya komitmen bersama mewujudkan pemilu damai, demokrasi dan berintegritas," katanya.

Plt Asisten 1 Sekda S.Rumaikeuw mengatakan, Pemkab Biak Numfor berharap kesepakatan mewujudkan Pemilu 2024 aman, damai dan demokrasi menjadi komitmen bersama.

"Terima kasih kepada Bawaslu karena telah berinisiatif melaksanakan deklarasi kampanye damai Pemilu 2024," katanya.

Seusai deklarasi dilakukan penandatanganan peserta pemilu bersama Bawaslu, KPU, Sentra Gakkumdu, Parpol dan Kapolres, Dandim 1708/BN serta tokoh adat, agama dan ormas pemuda KNPI, GMKI, GMNI dan HMI.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024