Timika (ANTARA) - Bupati Mimika, Provinsi Papua Tengah, Eltinus Omaleng meminta para partai politik peserta Pemilihan Umum  2024 untuk menjaga muruah pesta demokrasi di daerah ini..

Eltinus Omaleng di Timika, Senin, mengatakan tidak hanya parpol tetapi pihaknya mengajak seluruh elemen dan pemangku kepentingan di daerah ini untuk bersama-sama menjaga muruah Pemilu 2024.

"Saya titip kepada penyelenggara pemilu, TNI/Polri, parpol, pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), dan seluruh masyarakat untuk menjaga muruah Pemilu 2024," katanya.

Menurut Omaleng, Pemilu Serentak 2024 memiliki potensi kerawanan yang cukup besar. Untuk itu, pihaknya mengajak agar bersama-sama berkomitmen menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan ini dengan damai, aman, dan lancar.

"Pemilu Serentak 2024 sangat penting, terutama pada tahapan persiapan, kebutuhan anggaran, data pemilu, dan logistik maka diperlukan usaha dan kerja keras semua pihak," ujarnya.

Dia menjelaskan Pemilu Serentak 2024 merupakan pesta demokrasi terbesar yang akan memilih Presiden dan Wakil Presiden, anggota DPR RI, DPRP provinsi, hingga DPRD kabupaten dan kota.

"Pemilu serentak merupakan sebuah proses pembelajaran dalam mendewasakan bangsa, termasuk sebagai momentum penting sehingga kita wajib menjaga keamanan dan ketertiban selama penyelenggaraan pemilu," katanya.

Dia menambahkan melalui deklarasi pemilu damai yang diselenggarakan KPU dan Bawaslu Mimika pada Minggu (26/11) menjadi wujud komitmen bersama dalam menyukseskan Pemilu 2024.

"Mari bersama-sama kita ciptakan Pemilu 2024 yang damai, aman, lancar, dan bermartabat di Kabupaten Mimika," ujarnya.

Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024