Timika (ANTARA) - Bupati Nabire, Provinsi Papua Tengah Mesak Magaibmeresmikan Asrama Putra Nabire mahasiswa asal daerah tersebut yang berada di Kota Jayapura, Provinsi Papua diprioritaskan bagi mahasiswa dari 15 distrik pada kabupaten setempat.

Bupati Nabire Mesak Magai melalui rilis di Timika, Rabu, mengatakan Asrama Putra Nabire yang berada di Kamkey Distrik Abepura Kota Jayapura, Papua diresmikan pada Selasa, 28/11/2023.

"Asrama ini merupakan aset Pemerintah Kabupaten Nabire yang diperuntukkan bagi mahasiswa asal 15 distrik, agar mereka dapat tinggal tenang dan fokus dengan pendidikannya," katanya.

Menurut Mesak, dirinya mengimbau agar mahasiswa dapat hidup dengan rukun dan damai serta tidak membuat perbedaan gunung, pantai ataupun pendatang.

"Kalian merupakan masyarakat Nabire yang berhak tinggal bersama-sama di sini dan setelah menyelesaikan kuliah dapat kembali membangun daerah," ujarnya.

Dia menjelaskan Pemerintah Kabupaten Nabire juga sedang memperbaiki asrama mahasiswa di Padang Bulan Kota Jayapura, Provinsi Papua yang dinilai sudah tidak layak huni lagi.

"Kami akan bangun Asrama Putri Nabire di Waena Kota Jayapura, Papua dan di Manokwari, Papua Barat sehingga semua anak-anak kita dapat menempuh pendidikan dengan baik," katanya lagi.

Dia menambahkan turut hadir pada peresmian Asrama Putra Nabire di Kamkey Kota Jayapura, Papua yakni jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat Wakil Ketua II DPRD Nabire, Ketua PKK, masyarakat Nabire yang berdomisili di Jayapura dan mahasiswa.

"Semuanya sudah kami anggarkan guna mensejahterakan mahasiswa asal Kabupaten Nabire di kota-kota tempat mereka mengenyam pendidikan," ujarnya lagi.

Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024