Jayapura (ANTARA) - Polres Tolikara, Papua Pegunungan gencar melakukan patroli dialogis di Kota Karubaga dan sekitarnya guna mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) menjelang Hari Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

"Ini juga untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas menjelang 2024 di Kota Karubaga," kata Kasatgas Kamseltibcar Polres Tolikara Ipda Agus Hadiyanto dalam siaran pers yang diterima Antara di Jayapura, Rabu.

Menurut Hidayanto, selain gencar dalam melaksanakan patroli dialogis pihaknya juga melakukan pengawasan lingkungan sekitar rumah warga.

"Hal ini penting untuk mengantisipasi potensi gangguan keamanan lingkungan atau tindak pidana seperti peredaran minuman beralkohol dan narkoba," ujarnya.

Dia menjelaskan dalam pelaksanaan patroli tersebut lakukan juga pemeriksaan keamanan di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu Kabupaten Tolikara.

"Tujuannya adalah agar tahapan Pemilu yang sedang berlangsung dapat berjalan dengan aman, lancar dan tertib," katanya.

Dia mengatakan pihaknya memastikan situasi keamanan di wilayah hukum Polres Tolikara, khususnya di Kota Karubaga menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru serta pelaksanaan pemilu dapat berjalan dengan aman.

"Untuk itu kami mengimbau kepada seluruh masyarakat di Tolikara terus menciptakan situasi yang aman sehingga perayaan hari keagamaan dan pemilu bisa berjalan lancar," ujarnya.

Menurut dia, keamanan bukan hanya menjadi tanggung jawab bersama baik pemerintah daerah, aparat keamanan dan juga seluruh masyarakat.
 

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024