Biak (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Biak Numfor, Papua, mengumumkan pemberhentian dengan hormat masa jabatan Bupati Herry Ario Naap dan Wakil Bupati Calvin Mansnembra terkait dengan akan berakhir masa jabatan periode 2019-2024 pada 31 Desember 2023, Rabu malam.

"Pengumuman pemberhentian ini sejalan ketentuan pasal 79 ayat (1) Undang-Undang 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah dan diumumkan oleh pimpinan DPRD dalam rapat paripurna," ujar Ketua DPRD Milka Rumaropen didampingi Wakil Ketua DPRD Biak Numfor Adrianus Mambobo.

Menurut dia, dalam undang-undang tersebut menegaskan bahwa pemberhentian kepala daerah dan/atau wakil kepala daerah sebagaimana dimaksud dalam pasal 78 ayat 2 huruf a, diumumkan DPRD dalam Rapat Paripurna dan diusulkan Pimpinan DPRD kepada Menteri Dalam Negeri melalui gubernur sebagai wakil pemerintah pusat.

Ia mengatakan dengan pengumuman pemberhentian jabatan untuk bupati dan/atau wakil bupati, wali kota dan wakil wali kota untuk mendapatkan penetapan keputusan DPRD Biak Numfor.

"Terima kasih saudara Bupati Herry Ario Naap dan Wabup Calvin Mansnembra telah banyak berhasil membangun Biak Numfor selama lima tahun memimpin daerah," ujar Milka.

Sementara, Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada pimpinan dan anggota DPRD Biak Numfor atas penyelenggaraan rapat paripurna dalam rangka pengumuman akhir masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Biak Numfor periode 2019-2024.

Herry menjelaskan dirinya bersama Wakil Bupati Biak Numfor Calvin Mansnembra dilantik pada Maret 2019 dan secara resmi akan mengakhiri masa jabatan pada 31 Desember 2023.

“Kami atas nama pribadi, kedinasan dan keluarga menyampaikan ucapan terima kasih kepada DPRD terutama pada seluruh masyarakat di Kabupaten Biak Numfor yang sudah mendukung program pemerintah," kata Herry.

Ia mengatakan kurang lebih lima tahun memimpin Biak Numfor telah membawa banyak keberhasilan seperti penurunan angka stunting hingga saat ini 6,3 persen atau berada di bawah target nasional 14 persen sehingga mendapat penghargaan dari Wapres Ma'ruf Amin.

Keberhasilan pembangunan lainnya, menurut Herry, meningkatkan indeks Pembangunan Manusia tahun 2022 sebesar 72,85 mengalami peningkatan pada 2020 IPM Biak 72,19 dan 2021 naik menjadi 72,33

"Serta angka partisipasi siswa PAUD Biak Numfor sudah 100 persen dan angka harapan hidup di atas 69 tahun," katanya.

Pada 2023 Biak sukses menyelenggarakan Sail Teluk Cenderawasih dihadiri Presiden Jokowi dan penghargaan dari Gubernur Papua karena berhasil 100 persen warga stop buang air sembarangan dan kinerja keuangan WTP tiga kali.

Pada sidang pengumuman pemberhentian Bupati dan Wabup Biak Numfor dipimpin Wakil Ketua DPRD Biak Numfor Adrianus Mambobo dihadiri Wakil Bupati Calvin Mansnembra, Plt Sekda ZL Mailoa dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dan Komandan Satuan TNI/Polri.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024