Biak (ANTARA) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Biak Numfor, Papua, menyebut program akreditasi 34 satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pada tahun ajaran 2023/2024 bertujuan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kualitas layanan bagi anak usia dini.

"Akreditasi PAUD sebuah penilaian dari pemerintah untuk mengukur kelayakan program dalam satuan pendidikan berdasarkan kriteria penilaian yang telah ditetapkan," ujar Kepala Bidang PAUD dan Pendidikan Non Formal Disdikbud Biak Numfor Endang Suhendi di Biak, Selasa.

Ia menyebut akreditasi PAUD sebagai bentuk pembuktian komitmen satuan pendidikan dalam rangka eningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap PAUD.

Endang mengatakan ada sejumlah kriteria standar nasional penilaian akreditasi PAUD, meliputi tingkat pencapaian perkembangan anak, penilaian akreditasi PAUD terkait standar isi, proses, dan penilaian, serta standar pendidik dan tenaga kependidikan maupuan standar sarana prasarana.

"Terakhir penilaian akreditasi PAUD meliputi standar pengelolaan serta standar pembiayaan," kata Endang.

Disinggung tujuan akreditasi PAUD, menurut Endang, akreditasi bukan hanya pemberian label atau sertifikat, tetapi merupakan suatu proses evaluasi yang komprehensif terhadap satuan lembaga pendidikan PAUD di Kabupaten Biak Numfor.

Akreditasi PAUD, lanjut dia, untuk membantu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan lembaga satuan pendidikan.

"Juga dengan adanya akreditasi memberikan panduan untuk perbaikan yang berkelanjutan satuan PAUD," ucapnya. 

Pada tahun pelajaran 2022/2023, kata dia, ada 28 PAUD Biak Numfor berakreditasi B.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024