Jayapura (ANTARA) - PT Pelni menyebutkan aktivitas di Pelabuhan Jayapura pascalibur Natal 2023 dan tahun baru 2024 kembali normal dengan jumlah penumpang yang turun dari kapal sebanyak 1.606 orang.

General Manager Pelni Cabang Jayapura Slamat Yanuardi di Jayapura, Kamis (4/1), mengatakan arus balik pascalibur natal dan tahun baru di pelabuhan itu tidak mengalami kenaikan signifikan sehingga mulai kembali normal.

“Hal ini dilihat berdasarkan frekuensi kapal masuk di Pelabuhan Jayapura yang mana sebelumnya 12 kali kini kembali menjadi 10 kali,” katanya.

Menurut Slamet, pada Rabu (3/1) kapal pertama yang masuk yakni KM Labobar dengan tujuan Biak, Serui, Nabire, Manokwari, Ambon, Namlean, Bau-Bau, Makassar, Surabaya dan terakhir sandar di Pelabuhan Jayapura dengan jumlah penumpang yang turun dari kapal 1.606 orang.

“Sementara penumpang naik dari Pelabuhan Jayapura tercatat sebanyak 1.990 penumpang, artinya arus balik sudah mulai terlihat saat ini namun tidak ramai seperti arus mudik,” ujarnya.

Dia menjelaskan dengan jumlah tersebut pihaknya mengatakan penumpang yang berlibur di Jayapura mulai kembali ke daerah masing-masing dan penumpang yang berlibur keluar daerah mulai kembali pulang ke Jayapura.

“Kami mengingatkan kembali masyarakat yang ingin membeli tiket silakan melakukan pembelian jauh hari, karena pembelian tiket kini dilakukan secara online untuk memudahkan para penumpang,” ujarnya.

 


Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024