Jayapura (ANTARA) - Penjabat Wali Kota Jayapura, Papua Frans Pekey meresmikan Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 7 Jayapura dan TK Negeri Waniambey, Selasa.

SMAN 7 Jayapura sebelumnya merupakan SMA Korpri dan SMA PGRI yang berada di Distrik Heram, sedangkan TK Negeri Waniambey sebelumnya bernama PAUD Waniambey yang dikelola oleh Tim Penggerak PKK setempat.

"Peresmian PAUD Waniambey menjadi TK Negeri Waniambey dan SMA Korpri serta SMA PGRI menjadi sekolah negeri merupakan inovasi guna mewujudkan tujuan dan cita-cita bersama menyongsong Indonesia emas pada 2045," katanya.

Dia mengatakan pendidikan di Tanah Papua, khususnya Kota Jayapura, tidak boleh kalah bersaing dengan daerah lain di Indonesia.

"Untuk itu, baik pemerintah dan orang tua, memiliki tanggung jawab yang sama untuk memajukan pendidikan di Kota Jayapura sehingga generasi muda di 'Bumi Cenderawasih' (sebutan Papua) betul-betul berkualitas," ujarnya.

Dia berharap ke depan kualitas pendidikan sekolah negeri yang ada di Kota Jayapura, khususnya pada daerah yang berbatasan langsung dengan Papua Nugini (PNG), bisa bersaing dengan sekolah lain di daerah itu.

"Saya juga berpesan kepada para guru di semua jenjang pendidikan harus menjadikan lingkungan sekolah sebagai tempat yang nyaman bagi anak-anak," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kota Jayapura Abdul Majid mengatakan peresmian PAUD Waniambey menjadi TK Negeri Waniambey dan SMA Negeri 7 Jayapura merupakan komitmen pemerintah daerah setempat untuk meningkatkan mutu pendidikan.

"Setelah diresmikan maka teknis operasional dari TK Negeri Waniambey berada di bawah Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kota Jayapura," katanya.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024