Sentani (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jayapura, Papua, Daniel Mebri menegaskan tahapan pemilihan umum (Pemilu) di kabupaten setempat sejak 2023 hingga kini, berjalan lancar.

 Daniel mengatakan segala tahap sudah berjalan sesuai PKPU Nomor 3 tahun 2022.

“Tahapan demi tahapan prosesnya sudah berjalan hingga saat ini, jika ada yang mengatakan KPU Kabupaten Jayapura belum siap untuk menyelenggarakan Pemilu, itu hal yang sangat keliru, karena buktinya saat ini KPU sedang menyiapkan logistik Pemilu,” kata Daniel di Sentani, Rabu. 

Menurut Daniel, tahapan mulai dari pemutakhiran data pemilih, penetapan data pemilih telah berlangsung, termasuk sosialisasi tahapan dan jadwal Pemilu.

“Pada masa sosialisasi KPU telah mengundang berbagai stakeholder atau pemangku kepentingan termasuk, pemerintah daerah, TNI-Polri, aktivis dan para tokoh, dengan harapan sebagai perpanjangan tangan dari KPU untuk berbagi kepada masyarakat umum demi mensukseskan Pemilu,” ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya juga telah melakukan sosialisasi di beberapa kampus, sekolah dan juga beberapa distrik yang mana terkait pemilih pemula.

“Semua itu telah ter-update di akun media sosial milik KPU Kabupaten Jayapura, masyarakat bisa mengikutinya, sehingga bisa mengetahui apa saja yang dilakukan KPU dan sudah sejauh mana,” katanya.

Dia menambahkan bahkan untuk pemilih pemula yang angka kelahirannya akan berada pada usia 17 tahun pada pemilu 14 Februari 2024 nanti telah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Jayapura

“Jika ada yang belum terdaftar masih ada solusi nya yakni dapat menyertakan KTP atau kartu keluarga sesuai tempat atau TPS dimana pemilih itu berdomisili agar penyelenggara dapat memverifikasi untuk menjadi peserta Pemilu,” ujarnya.

Saat ini, kata Daniel, tahapan Pemilu berada pada masa kampanye, dimana pihaknya sedang mempersiapkan segala logistik guna penyelenggaraan Pemilu nanti.

“Kami mengajak kepada masyarakat atau lembaga resmi jika membutuhkan segala informasi terkait tahapan dan jadwal Pemilu, KPU Kabupaten Jayapura membuka diri atau membuka pintu lebar-lebar, boleh datang untuk berkoordinasi hal apa saja yang ingin diketahui,” katanya.

Perlu masyarakat mengetahui bawah untuk pemilihan 2024 ini ada dua tahapan yang dijalankan dan dipersiapkan oleh KPU Kabupaten Jayapura yaitu Pemilu 14 Februari dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.



 

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024