Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua menyiapkan lahan untuk tempat pemakaman umum (TPU) Dosay, Distrik Sentani Barat seluas lima hektare.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura Hana S Hikoyabi di Sentani, Kamis, mengatakan pihaknya sudah membayar lahan TPU dan saat ini bisa dioperasikan.

“Kami sudah bayar. Lokasi ini diharapkan segera dipasang pagar dan bisa langsung difungsikan,” katanya.

Menurut Hana, lahan TPU Dosay itu milik Pemkab Jayapura, sehingga pada saat proses pemakaman itu gratis tanpa mengeluarkan uang sepeserpun.

“Masyarakat yang mau menggunakan bisa langsung digunakan, nanti terlebih dulu berkoordinasi dengan pemerintah daerah, dalam hal ini Distrik Sentani Barat,” ujarnya.

Dia menjelaskan TPU Dosay merupakan pemakaman umum yang bisa digunakan, baik masyarakat beragama Kristen maupun Islam.

“Di awal saya ingatkan supaya makamnya jangan dibuat macam-macan atau membuat rumah di atas makam, itu kami larang tegas, karena bisa mengambil banyak lahan yang seharusnya bisa untuk satu atau dua kuburan lagi,” katanya.

Dia menambahkan TPU Dosay harus dibuat aturan tegas, sehingga tidak boleh ada bangunan apapun di atas kuburan dengan alasan mempercantik atau apapun.

“Ingat, tanah tidak bisa bertambah, malah sebaliknya, sehingga aturan tegas perlu diterapkan agar masyarakat bisa memahami dan menerapkannya,” ujarnya.
 

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024