Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), menggandeng PT Telkomsel menggelar pelatihan literasi digital untuk pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Kepala Diskominfo Kabupaten Jayapura Gustaf Griapon di Sentani, Kamis, mengatakan pelatihan literasi digital tersebut untuk meningkatkan pengetahuan pelajar SMA dan SMA. 

“Pelatihan ini akan dilakukan pada 10 sekolah di wilayah Kabupaten Jayapura,” katanya.

10 sekolah itu, kata dia, terdiri dari lima SMP dan lima SMA yang diambil di Wilayah Pembangunan (WP) I, II, dan III.

“Tentu pelatihan literasi digital ini ada kaitannya dengan tower-tower Telkomsel sehingga dapat membantu mereka memahami materi yang disampaikan,” ujarnya.

Pihaknya bersama Telkomsel akan ada pertemuan dengan Dinas Pendidikan dan juga para kepala sekolah yang akan menjadi tuan rumah dalam kegiatan literasi digital tersebut.

“Harapannya supaya ini bisa menjadi kegiatan rutin dari pihak Telkomsel dengan Diskominfo, Dinas Pendidikan, dan PGRI, sehingga semua bisa berkolaborasi membangun mutu pendidikan digital di Kabupaten Jayapura,” katanya.

Dia menambahkan kegiatan sosialisasi dan pelatihan literasi digital merupakan agenda dari Diskominfo Kabupaten Jayapura dengan menggandeng PT Telkomsel yang akan digelar pada akhir Januari atau awal Februari 2024.

“Poinnya adalah Dinas Pendidikan dalam mewujudkan pemerataan literasi digital pendidikan dengan target 10 sekolah di WP I, II, dan III," katanya.

Dia mengharapkan dengan diadakannya pelatihan dan sosialisasi literasi digital ini para pelajar bisa pandai memilah dan memilih informasi, sehingga ketika menerima informasi yang tidak benar, mereka setop menyebarluaskannya.

 

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024