Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua, menilai tempat uji kompetensi milik SMK Negeri 3 Teknologi dan Rekayasa Kota Jayapura untuk mengasah kemampuan peserta didik memasuki dunia kerja.

Asisten II Bidang Pembangunan Setda Kota Jayapura Widi Hartanti saat meresmikan tempat uji kompetensi kurikulum teknik dan bisnis Astra Honda Motor milik SMKN 3 Jayapura, Jumat, mengatakan pihaknya merasa bangga melihat komitmen sekolah dan swasta memajukan industri otomotif di daerah itu.

"Untuk itu SMKN 3 Jayapura memiliki peran yang sangat penting dalam menyiapkan generasi muda untuk memasuki dunia kerja dan juga ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi," katanya.

Dengan adanya tempat uji kompetensi tersebut, kata dia, para siswa akan memiliki kesempatan untuk mengasah keterampilan dan pengetahuan mereka dalam bidang otomotif sesuai dengan standar. 

"Kehadiran tempat ini juga memberikan peluang untuk memahami pentingnya standar keselamatan dan kualitas dalam dunia otomotif," ujarnya.

Dengan demikian, lanjutnya, ke depan para siswa akan belajar bagaimana menjelaskan prosedur perawatan kendaraan dengan baik serta memahami pentingnya pemeliharaan agar tetap aman dan handal saat berada di jalan raya.

"Kami meyakini dengan adanya kolaborasi antara sekolah dan pihak swasta, maka akan mampu menjadikan tempat uji kompetensi di SMKN 3 Jayapura sebagai contoh yang gemilang bagi industri pendidikan di kota Jayapura," katanya. 

Sementara itu Kepala SMKN 3 Teknologi dan Rekayasa Kota Jayapura Fransiskus Tunggul Amarta mengatakan SMKN 3 Jayapura telah menjalin kerja sama dengan PT Astra Honda Motor sejak 2012 sehingga lulusan dari sekolah tersebut kebanyakan diminta untuk bekerja di perusahaan tersebut.

"Semoga dengan adanya tempat uji kompetensi ini akan membuka kesempatan juga bagi sekolah lain di Jayapura untuk bersama-sama di bawah bimbingan Astra Honda terus memajukan sekolah di Kota Jayapura," katanya.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024