Timika (ANTARA) - Gereja Kristen Injili (GKI) di Tanah Papua Klasis Mimika di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah menggelar perlombaan menghias perahu injil dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Pekabaran Injil (PI) ke-169 tahun.

Ketua Klasis GKI Mimika Pendeta Junus Bonsapia di Timika, Senin, mengatakan sudah menjadi tradisi memperingati HUT PI pihak gereja menggelar perlombaan-perlombaan yang masih terkait dengan perayaan.

"Seperti yang sudah kami selenggarakan yakni perlombaan menghias perahu injil, yang telah diselenggarakan beberapa hari lalu sebelum puncak peringatan HUT PI pada Senin 5 Februari 2024," katanya.

Menurut Pendeta Junus, tanpa Injil dunia penuh dengan kegelapan dan karena Injil menyelamatkan Papua dari kegelapan, sehingga tanah ini memperoleh terang anugerah dari Tuhan.

"Orang asli Papua di tanah ini diberkati karena adanya Injil yang menerangi, maka dari itu kita pantas menyambut kabar injil dan tetap mengucapkan syukur dan senantiasa berseru pada Tuhan Yesus Kristus," ujarnya.

Dia menjelaskan sebelum perayaan HUT PI GKI Klasis Mimika telah menggelar perlombaan perahu injil yang diikuti oleh 32 jemaat yang ada di Kabupaten Mimika.

"Perlombaan ini sebagian bentuk umat Tuhan di Papua menerima kuasa dan roh kudus, perlombaan ini akan kita selenggarakan setiap tahun sehingga disiapkan piala bergilir," katanya lagi.

Dia menambahkan melalui perlombaan menghias perahu injil juga sekaligus wadah edukasi bagi umat, dalam merefleksikan kembali sejarah masuknya Injil di Tanah Papua.

"Semoga terang Injil ini menjadi kekuatan bagi seluruh umat di Kabupaten Mimika dan Tanah Papua dalam menghayati kekuatan terang injil," ujarnya lagi.

Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024