Timika (ANTARA) - Bupati Mimika, Provinsi Papua Tengah Eltinus Omaleng mengecek kesiapan Pemilihan Umum (Pemilu) pada tiga distrik di Kota Timika, pada Selasa (13/2).

Bupati Mimika Eltinus Omaleng di Timika, Selasa, mengatakan bahwa dirinya melakukan pengecekan guna memastikan persiapan menjelang pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan ini berjalan dengan baik.

"Kami tadi mengecek persiapan pemilu di Distrik Kwamki Narama, Wania dan sekarang sudah di Distrik Mimika Baru," katanya.

Menurut Omaleng, pengecekan persiapan pemilu bertujuan untuk mengantisipasi kendala-kendala di lapangan saat proses pencoblosan berlangsung Rabu, 14/2/2024.

"Distrik Mimika Baru ini merupakan wilayah yang unik pada pemilu karena jumlah pemilihnya paling banyak yakni 1.400 orang," ujarnya.

Dia menjelaskan Distrik Mimika Baru memiliki jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) terbanyak yakni 400 TPS, dari 995 TPS yang tersebar di Kabupaten Mimika.

"Jumlah DPT di Distrik Mimika Baru yakni 1.400 pemilih sehingga memang diperlukan pengawalan ekstra di sini untuk mengantisipasi gangguan dan kendala," katanya.

Kapolres Mimika AKBP I Gede Putra menambahkan, dirinya berharap jalur komunikasi dan koordinasi antara petugas penyelenggara pemilu tingkat distrik dan aparat kemanan tetap dijaga dengan baik saat pemilu berlangsung.

"Saya yakin dengan kebersamaan dan komunikasi yang baik kita dapat bersama-sama mengawal proses pemilihan umum 2024 ini dengan baik," katanya.

Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024