Sentani (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jayapura, Papua menyatakan rekapitulasi suara tingkat distrik sementara berlangsung di 19 distrik setempat dan dilanjutkan dengan rapat pleno hasil pemilu di setiap distrik yang berlangsung sejak 15 Februari hingga 2 Maret 2024.

Komisioner KPU Kabupaten Jayapura Lodik Yeusie Mayfrendi AP saat dihubungi ANTARA di Sentani, Minggu mengatakan pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) di 568 tempat pemungutan suara (TPS) setempat berlangsung aman dan lancar.

“Saat ini rekapitulasi suara tingkat distrik sementara berjalan di 19 distrik, semoga proses ini bisa berjalan cepat dan sesuai jadwal, tetapi ada dua distrik yang sudah melaksanakan rapat pleno yaitu Airu dan Yokari,” katanya.

Menurut Lodik, mengapa waktu rekapitulasi tingkat distrik yang dilakukan oleh panitia pemilihan distrik (PPD) lama, karena saat ini sistem berbeda seperti tahun lalu dengan ditambah aplikasi sistem informasi rekapitulasi pemilihan umum (Sirekap).

“Setiap hasil yang telah dilakukan di TPS kertas-kertas tersebut harus difoto dan upload (mengunggah) di dalam Sirekap, dan ini membutuhkan waktu yang banyak karena seluruh Indonesia melakukan hal yang sama,” ujarnya.

Dia menjelaskan sementara logistik masih berada di 19 distrik untuk proses rekapitulasi suara dan rapat pleno, setelah tahapan ini selesai maka logistik pemilu akan digeser kembali ke Gudang KPU Kabupaten Jayapura di Puspenka Hawai, Sentani.

“Pergeseran atau pendistribusian logistik dari distrik ke Gudang KPU Kabupaten Jayapura dilakukan setelah selesai menjalankan rekapitulasi dan pleno di tingkat distrik,” katanya.

Dia menambahkan semua proses rekapitulasi dan rapat pleno akan diawasi secara ketat oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Jayapura dan panitia pengawas (panwas) pemilu distrik.

“Saya bisa katakan proses pemilu yang berlangsung di Kabupaten Jayapura benar-benar jujur, adil dan terbuka karena diawasi secara ketat oleh Bawaslu dan panwas,” ujarnya.

Jumlah daftar pemilih tetap di Kabupaten Jayapura sebanyak 134.568 pemilih, 513 calon legislatif, 18 partai politik, 3.976 anggota KPPS yang tersebar di 139 kampung, lima kelurahan di daerah setempat.

 

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024