Biak (ANTARA) - Para siswa SMK Negeri Pertanian Kabupaten Biak Numfor, Papua mendapat bimbingan keterampilan berwirausaha sebagai bekal untuk memasuki dunia bisnis setelah lulus sekolah.

"Pelajaran kewirausahaan diberikan dan diajarkan kepada siswa supaya bisa menekuni bidang entrepreneur saat memasuki dunia kerja," ujar Kepala SMK Negeri 4 Pertanian Biak Leonard Makuker di Biak, Selasa.

Diakui Leo, pihak sekolah terus membimbing siswa belajar berwirausaha dengan memanfaatkan potensi diri yang telah Tuhan berikan.

Apalagi untuk siswa kelas XII yang akan lulus pada tahun pelajaran 2023/2024, menurut Leonard, sangat bermanfaat bimbingan keterampilan berwirausaha yang diberikan sekolah.

"Sebagai kepala sekolah kami ingin siswa SMK Negeri Pertanian Biak yang lulus tidak bergantung menjadi pegawai negeri tetapi menekuni usaha bisnis sektor pertanian," harap mantan Kasubag Protokoler Bidang Humas Setda Biak itu.

Ia mengatakan, potensi usaha di sektor pertanian sangat terbuka luas bagi yang ingin menekuninya. Karena sumber daya alam Biak sangat melimpah dan membutuhkan tenaga profesional dan terampil yang bisa mengelola sumber daya alam dimiliki daerah.

Sebagai tanggung jawab pihak sekolah, lanjut Leonard, ia berharap siswa lulusan SMK Negeri Pertanian Biak dapat meningkatkan kompetensi dan keterampilan supaya bisa eksis di dunia bisnis selepas lulus sekolah.

"Peluang bisnis sektor pertanian di Kabupaten Biak Numfor masih sangat terbuka dan tinggal menunggu siapa yang bisa memanfaatkan potensi diri mengelola sumber daya pertanian," katanya.

Pihak sekolah menjadikan keterampilan berwirausaha sebagai program muatan lokal bersama bahasa daerah dan bela diri karate.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024