Timika (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah mengatakan, hasil pleno penghitungan suara presiden dan wakil presiden berjalan aman dan kondusif.

Ketua KPU Kabupaten Mimika Dete Abugau di Timika, Kamis, mengatakan dari 18 distrik yang tersebar di daerah ini, 15 distrik telah menyelesaikan penghitungan suara tingkat distrik dan akan dilanjutkan ke tingkat kabupaten.

"Ada tiga distrik yang saat ini masih melakukan pleno penghitungan surat suara tingkat kampung yakni Distrik Hoya, Jila dan Mimika Timur," katanya.

Menurut Dete, hasil perolehan suara secara keseluruhan belum dapat diumumkan karena hasilnya masih berada di Panitia Pemungutan Distrik (PPD) sebagai penyelenggara teknis.

"Untuk hasilnya bisa langsung ditanyakan ke pihak PPD, sebab kami ini hanya mendapatkan laporan perhitungan jika sudah selesai," ujarnya.

Dia menjelaskan tiga distrik ini yakni Distrik Hoya, Jila dan Mimika baru memang mengalami keterlambatan dalam menyelesaikan perhitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS), yang pasti perhitungan tingkat kabupaten dimulai sejak 3-5 Maret 2024.

"Tiga distrik ini harus mengejar waktu, karena kita targetkan penghitungan tingkat kabupaten berlangsung pada 3-5 Maret 2024," katanya lagi.

Dia menambahkan seluruh tahapan pleno berjalan dengan baik, KPU terus berkoordinasi dengan TNI, Polri, Kesbangpol Kabupaten Mimika dan Kejari guna memantau pleno perhitungan suara.

"Kami terus jalan bersama-sama untuk memantau perkembangan pleno, harapan kami semua tahapan ini dapat berjalan aman, lancar dan damai," ujarnya lagi.

Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024