Jayapura (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Jayapura, Papua menggelar aksi bersih Teluk Youtefa dari sampah dalam rangka HUT Ke-114 Kota Jayapura dan Pekabaran Injil sekaligus peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024, Jumat.

Kepala DLHK Kota Jayapura Dolfina Mano di Jayapura, Jumat, mengatakan pembersihan Teluk Youtefa dari sampah dilakukan sebab kawasan tersebut salah satu lokasi yang banyak ditemui sampah plastik.

"Setelah itu sampah plastik yang dikumpulkan akan kami timbang dan akan dilaporkan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI," katanya.

Sesuai dengan tema HPSN 2024 yakni "Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif" maka pihaknya akan memilah sampah plastik kemudian membawa ke bank sampah milik Pemkot Jayapura untuk ditimbang.

Dia menjelaskan aksi penanganan sampah di Teluk Youtefa itu, melibatkan berbagai instansi, baik Pemerintah Provinsi Papua, Pemkot Jayapura, TNI-Polri, pemuda gereja, dan komunitas lingkungan hidup setempat.

"Jadi aksi bersih sampah ini juga merupakan kolaborasi dari Pemprov Papua, Pemkot Jayapura dan Gereja Kristen Injili (GKI) Klasis Port Numbay," ujarnya.

Pelaksana Tugas Asisten III Setda Kota Jayapura Nur Bi Adji mengatakan sesuai dengan tema HPSN 2024, yakni "Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif" dan tema lokal "Pilah Pilih Sampah Plastik untuk Pemberdayaan Ekonomi dan Perubahan Iklim Papua" maka kegiatan itu untuk memperkuat komitmen dan peran aktif pemerintah daerah dalam melaksanakan pengelolaan sampah.

"Tetapi juga memperkuat partisipasi publik dalam upaya untuk mencapai zero emisi melalui gerakan pilah sampah dan memperkuat komitmen serta peran aktif produsen dan pelaku usaha lainnya dengan menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi," katanya.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024