Sentani (ANTARA) - Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo mengajak seluruh elemen masyarakat untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa pasca Pemilu 14 Februari 2024 di daerah setempat.

Ajakan itu sampaikan lantaran Pemilihan Suara Ulang (PSU) yang direkomendasikan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Jayapura 53 Tempat Pemungutan Suara (TPS), tetapi setelah rapat pleno maka Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat menetapkan lima TPS.

“Boleh kita berbeda pandangan, berbeda pilihan tetapi nilai-nilai persatuan tetap harus dijaga dan dipelihara baik di Kabupaten Jayapura,” kata Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo dalam keterangan tertulisnya di Sentani, Senin.

Menurut Penjabat Bupati, perbedaan itu hal biasa dan hal luar biasanya bagaimana setiap masyarakat di daerah mampu menahan diri terus menciptakan kondisi keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang baik.

“Pemilu sudah selesai, biarlah urusan rekapitulasi suara itu menjadi ranahnya KPU, sedangkan pengawasan berikanlah kepada Bawaslu, kita sebagai masyarakat kembali menjali hari-hari dengan normal,” ujarnya.

Dia menjelaskan kondisi kamtibmas di Kabupaten Jayapura saat ini sudah sangat kondusif dan aman sehingga seluruh elemen masyarakat yang ada didalamnya harus tetap menjaganya.

“Kondisi yang sudah baik ini jangan kita usik lagi, tetapi bagaimana dijaga supaya setiap program pembangunan dari pemerintah bisa berjalan dengan baik,” katanya.

Dia menambahkan Daftar Pelaksanaan Anggaran (DPA) telah diserahkan ke setiap pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk segera melaksanakan program dan kegiatan pada 2024.

“Program dan kegiatan di 35 OPD teknis dan 19 distrik akan segera berjalan pasca pencoblosan 14 Februari 2024, sehingga peran dan dukungan masyarakat sangat dibutuhkan dalam mendukung keberhasilan pembangunan di tahun ini,” ujarnya.

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024