Jayapura (ANTARA) -
Penjabat Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun mengimbau instansi dan perusahaan setempat membangun budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional yang baik guna meminimalisasi angka kecelakaan kerja dan penyakit di tempatnya masing-masing.
 
“Pembangunan ekosistem ketenagakerjaan yang unggul, tidak hanya mengusung penyusunan regulasi yang baik di bidang ketenagakerjaan,” katanya dalam siaran pers di Jayapura, Rabu.
 
Menurut Ridwan, yang tidak kalah penting adalah meningkatkan pemahaman dan kesadaran kepada seluruh pihak dalam menerapkan norma ketenagakerjaan.
 
“Sementara itu dengan keberhasilan penerapan program K3 pula akan menekan kerugian, meningkatkan kualitas hidup dan indeks pembangunan manusia,” ujarnya.
 
Dia menjelaskan selain itu menunjang pembangunan nasional, peningkatan daya saing nasional di era global.
 
“Untuk itu, saya mengajak semua pemangku kepentingan untuk memaknai tema Bulan K3 nasional ini dengan meningkatkan komitmen semua pihak. Terutama dalam melakukan akselerasi berbudaya K3,”katanya lagi.

Sementara itu Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Tenaga Ke Koperasi dan UKM Papua, Aryoko Rumaropen meminta setiap lingkungan kerja wajib mematuhi protokol K3.
 
“Sehingga harapannya semua perusahaan dan instansi lembaga dapat menerapkan regulasi terkait pelaksanaan K3 di lingkungan kerja masing-masing,” katanya.

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024