Biak (ANTARA) - Bupati Biak Numfor, Papua Herry Ario Naap mengingatkan warga Biak Numfor maupun para calon legislatif  parpol untuk menghormati hasil pilihan suara rakyat di Pemilu serentak 14 Februari 2024.

"Apapun hasil Pemilu adalah pilihan rakyat sehingga harus bisa menerima hasil Pemilu dengan legowo," ujar Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap di Biak, Rabu malam.

Diakuinya, sebagai hak berdemokrasi maka pilihan calon dan warna boleh beda tetapi satu tujuan untuk menjunjung prinsip demokrasi dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat.

Ia mengatakan, saat ini tahapan Pemilu masih berlangsung dalam jadwal pleno rekapitulasi penghitungan suara di tingkat distrik dan KPU Biak Numfor.

"Mari kita percayakan kepada KPU untuk melakukan rekapitulasi penghitungan suara Pemilu dengan jujur,adil dan transparan kepada masyarakat di Biak Numfor," harapnya.

Hingga saat ini, menurut Bupati Herry, belum ada keputusan KPU Biak Numfor terkait siapa caleg terpilih karena masih dalam proses rekapitulasi penghitungan suara di PPD dan dilanjutkan ke tingkat KPU.

Ia mengajak masyarakat untuk senantiasa menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif pascapemilu serentak 14 Februari 2024.

Sementara itu, tokoh masyarakat Jotam Simopiaref mengatakan siapapun nanti yang terpilih berdasarkan ketetapan KPU harus dapat merealisasikan janji kampanye kepada masyarakat.

Ia berharap, warga Biak Numfor tidak terpancing dengan berbagai informasi di media sosial sebab keputusan resmi penetapan perolehan suara masih sementara. 

"Mari kita tunggu bersama keputusan KPU untuk proses penetapan calon terpilih sebagai hasil akhir Pemilu," sebut Jotam.

Hingga,Rabu malam pukul 22.00 WIT proses rekapitulasi penghitungan suara Pemilu di Biak Numfor masih berlangsung di PPD Biak Kota dan Samofa.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024