Sentani (ANTARA) - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura, Papua, Hana S Hikoyabi menekankan bahwa pemuda harus berolahraga agar hidup sehat.

"Olahraga sangat penting bagi tubuh manusia," kata Hana S Hikoyabi dalam keterangan tertulis di Sentani, Minggu.

Hana didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Jayapura  membuka Turnamen Sepak Bola Lino Cenggo Cup I Jayapura di Stadion Barnabas Youwe Sentani.

“Upayakan setiap Minggu sekali untuk dapat berolahraga, minimal jalan untuk membantu meningkatkan stamina dan menjaga tubuh dari berbagai macam penyakit,” katanya.

Menurut dia, turnamen sepak bola seperti ini bagi pemuda sangat penting selain bisa meningkatkan kesehatan tubuh juga dapat menghindarkan kawula muda dari hal-hal negatif seperti minuman beralkohol maupun penyalahgunaan narkotika.

“Kami pemerintah daerah mendukung sekali kegiatan olahraga seperti ini dan semoga kegiatan positif semacam ini terus digelar,” ujarnya.

Dia menjelaskan Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Jayapura juga harus mendukung kegiatan-kegiatan kepemudaan, salah satunya turnamen sepak bola.

“Pemuda adalah tiang negara, sehingga jasmani mereka perlu dijaga dengan berbagai kegiatan positif salah satunya bermain sepak bola,” katanya.

Dia menambahkan, sportifitas harus dijunjung tinggi dalam sebuah turnamen olahraga seperti sepak bola dan jangan hanya mengejar prestasi.

“Prestasi itu urutan kedua, tetapi pembinaan, kejujuran, dan disiplin harus lebih ditanamkan bagi generasi muda Papua,” ujarnya.
 

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024