Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua memastikan persediaan sembako  daerah setempat aman menjelang bulan suci Ramadan 1445 Hijriah.

Hal itu menyusul operasi pasar yang dilakukan Dinas Ketahanan Pangan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Jayapura serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis lainnya untuk memastikan ketersediaan bahan pokok aman menjelang puasa.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura Hana S Hikoyabi di Sentani, Rabu mengatakan masyarakat tidak perlu resah memasuki bulan suci Ramadan 1445 Hijriah tahun ini karena stok sembako aman.

“Saya pikir untuk semua masyarakat di Kabupaten Jayapura tidak panik dengan harga kebutuhan pangan tertentu di pasar, karena tidak ada peningkatan yang berarti sebagaimana informasi yang disampaikan Dinas Ketahanan Pangan,” katanya.

Menurut Sekda Hana, distribusi bahan pokok melalui agen-agen besar di Kabupaten Jayapura lancar untuk kebutuhan masyarakat beberapa bulan ke depan.

“Selain harga yang tidak naik, juga kebutuhan pokok untuk masyarakat sangat aman menjelang puasa maupun hari raya Lebaran,” ujarnya.

Dia menjelaskan pemerintah daerah tetap mengawasi semua distributor barang di Kabupaten Jayapura supaya mereka tidak ‘nakal’ menaikkan harga barang secara sepihak.

“Bukan hanya distributor, pengecer atau pedagang di pasar pun kami awasi supaya mereka tidak seenaknya menaikkan harga barang dan membuat masyarakat khususnya umat Islam yang mau menjalankan ibadah puasa menjadi susah,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Jayapura Suliyono menegaskan bahwa harga pangan di pasar sentra Sentani tidak ada kenaikan harga.

“Saya selalu membangun komunikasi dengan para distributor, dan staf juga turun langsung ke lapangan untuk memastikan harga barang stabil atau normal menjelang puasa,” ujarnya.

Harga eceran tertinggi (HET) beras premium Bulog di Jayapura tercatat Rp14.800 per kilogram, sedangkan harga beras premium di pasaran sekitar Rp16.000 hingga Rp17.000 per kilogram.

Sementara harga cabai di pasar sentra Sentani sekitar Rp70.000-Rp80.000 per kilogram, harga tomat sekitar Rp18.000-Rp25 ribu per kilogram, bawang merah dan bawang putih sekitar Rp60.000-Rp65.000 per kilogram. 

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024