Jayapura (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura, Papua, mengajak seluruh masyarakat setempat untuk memanfaatkan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang berada di Saga Mall Abepura untuk mencetak dokumen kependudukan.

"Masin ADM sudah berfungsi kembali setelah perangkat lunak mesin itu mengalami kerusakan selama setahun," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura Raymond Mandibondibo di Jayapura, Kamis

Menurut dia, masyarakat yang belum memiliki dokumen kependudukan seperti Kartu Keluarga (KK), surat pindah dan akta kelahiran bisa menggunakan mesin ADM tersebut.

"Selain di Saga Mall Abepura, mesin ADM juga berada di Mal Pelayanan publik di Terminal Tipe A Entrop, Distrik Jayapura Selatan," ujarnya.

Dia berharap mesin ADM di Saga Mall Abepura yang sudah beroperasi kembali dapat membantu masyarakat khususnya di Distrik Abepura untuk mencetak dokumen kependudukan secara mandiri.

"Hadirnya mesin tersebut bertujuan untuk mempermudah dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat," katanya lagi.

Mesin ADM juga dapat menghindarkan praktik calo dan pungutan liar (pungli) sehingga diharapkan semua warga di daerah itu bisa memanfaatkannya tanpa perlu ke kantor dukcapil.

Mesin ADM yang berada di Saga Mall Abepura sudah berada di Saga Mall sejak Februari 2022.*

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024