Jayapura (ANTARA) - Sekolah Menengah Atas (SMA) Mandala Trikora Jayapura, Papua menyiapkan sebanyak 45 siswa untuk mengikuti Olimpiade Sains Nasional  (OSN) 2024.

Kepala SMA Trikora Mandala Jayapura Ferdinand Assa di Jayapura, Senin, mengatakan ke 45 siswa tersebut saat ini sementara mengikuti pelatihan secara daring bekerja sama dengan PLATO (emPowering and learning through assitance, training and organizing) atau lembaga pemberdayaan dan pembelajaran melalui pendampingan, pelatihan dan pengorganisasian.

"Para siswa akan mengikuti pelatihan selama 10 hari dari PLATO dan saat ini sudah memasuki hari ke tujuh," katanya.

Menurut Assa, pada 2023 pihaknya juga mampu mengirim satu siswa mewakili Papua untuk mengikuti olimpiade sains sehingga kami berharap tahun ini SMA Trikora Mandala Jayapura juga bisa mengirim siswa mengikuti olimpiade.

"Kami mengakui kerja sama dengan PLATO sangat membantu dalam meningkatkan kompetensi siswa," ujarnya.

Dia menjelaskan 45 siswa tersebut akan mengikuti sembilan mata lomba pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) yakni Matematika, Fisika, Kimia, Ekonomi, Geografi, Informatika, Kebumian, Astronomi dan Biologi.

"Nanti mereka akan mengikuti lomba tingkat Kota Jayapura kemudian provinsi dan jika lolos maka akan mewakili Papua ke tingkat nasional," katanya lagi.

Dia menambahkan, peserta didik yang disiapkan untuk mengikuti olimpiade sains tersebut merupakan siswa yang kini berada di kelas X dan XI

"Kami berharap tahun ini lebih banyak siswa SMA Mandala Trikora Jayapura yang akan mewakili Papua pada ajang olimpiade sains," ujarnya.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024