Jayapura (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPR) Kota Jayapura, Papua mengimbau kepada seluruh masyarakat di daerah itu untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar sebagai upaya pencegahan terhadap bencana banjir akibat hujan deras.

"Kota Jayapura saat memasuki musim penghujan sehingga diharapkan kepada warga tidak membuang sampah sembarangan," kata Kepala Dinas PUPR Kota Jayapura Nofdy Rampi di Jayapura, Selasa.

Menurut Rampi, pihaknya juga meminta kepada warga yang tinggal di daerah rawan terjadinya bencana banjir seperti di kawasan Organda, Distrik Abepura, SMA Negeri 4 Jayapura, Distrik Jayapura Selatan dan Pasar Youtefa dapat mewaspadai bencana banjir saat terjadi hujan.

"Kemudian warga yang tinggal di lereng gunung agar dapat mengantisipasi terjadinya longsor atau angin yang dapat mengakibatkan pohon tumbang," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya berharap imbauan tersebut dapat ditindaklanjuti oleh masyarakat demi keselamatan bersama saat terjadi bencana.

"Sehingga kami mengajak masyarakat bersama-sama melakukan gotong royong membersihkan saluran air dan drainase terutama tidak membuang sampah sembarangan karena hal itu bisa menyebabkan banjir akibat tersumbatnya aliran sungai," katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya juga berharap agar warga tidak lagi melakukan penebangan pohon secara ilegal demi menjaga lingkungan dan sumber air di Kota Jayapura.

"Sehingga kesadaran masyarakat harus ditingkatkan dalam menjaga lingkungan sehingga tetap bersih,"ujarnya.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024