Jayapura (ANTARA) - BPJS Kesehatan Jayapura mengimbau kepada para peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) agar menggunakan sistem pembayaran autodebet atau pemotongan saldo otomatis  guna mempermudah pembayaran iuran bulanan. 

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jayapura Deny Jermy Eka Putra Mase di Jayapura, Rabu, mengatakan hal ini juga dalam rangka terus meningkatkan aksesibilitas dan efisiensi dalam pembayaran iuran JKN.

“Kami telah meluncurkan layanan pembayaran iuran JKN melalui autodebet yang mana diharapkan dapat mempermudah para peserta,” katanya.

Menurut Deny, dengan pemanfaatan layanan autodebet menjadi langkah penting menuju pelayanan yang lebih baik dan inklusif dalam penyelenggaraan JKN, khususnya di Jayapura.

“Secara signifikan pemanfaatan autodebat iuran JKN sudah mulai masif di mana peserta JKN yang terdaftar di kami per 16 Maret 2024 terdata sebanyak 227 peserta,”ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa salah satu tantangan penyelenggaraan JKN di Papua adalah perihal akses dan pembayaran iuran.

“Untuk itu dengan kehadiran pembayaran iuran JKN melalui autodebet, dapat membantu mengatasi tantangan tersebut,” katanya lagi.

Dia menambahkan proses pendaftaran autodebet sangat mudah di mana dapat mengunjungi Kantor BPJS Kesehatan atau bisa melalui Aplikasi Mobile JKN dan aplikasi perbankan lainnya.

“Keunggulan utama dari layanan autodebet ini adalah kemudahan dan kenyamanan ditawarkannya di mana peserta tidak perlu lagi mengingat tanggal jatuh tempo pembayaran iuran karena sistem secara otomatis melakukan pemotongan dari rekening bank setiap bulan,” ujarnya lagi.


Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024