Jayapura (ANTARA) - Kadinkes Papua Tengah dr Silvanus Sumule mengatakan Pemprov Papua Tengah mengalokasikan dana sebesar Rp65 miliar untuk kesehatan.

"Memang benar Dinkes Papua Tengah mendapat alokasi dana sebesar Rp65 miliar yang sebagian besar dialokasi untuk kerja sama dengan tujuh rumah sakit yang ada di Jayapura," ujar Sumule kepada ANTARA di Jayapura, Sabtu.

Dengan adanya kerja sama tersebut maka semua warga asli Papua yang memiliki KTP delapan kabupaten di Papua Tengah gratis mendapatkan pelayanan kesehatan yang tidak ditanggung BPJS.

Dijelaskan, dengan adanya program bantuan kesehatan maka tidak ada lagi alasan rumah sakit khususnya di Jayapura yang menolak menangani pasien dari Papua Tengah terutama bila tidak ditanggung BPJS.

Kesehatan sangat penting sehingga pihaknya benar -benar mengutamakan agar penduduk sehat dan tidak kesulitan mendapatkan pelayanan kesehatan.

Adapun rumah sakit yang sudah bekerja sama dengan Dinkes Papua Tengah yaitu RS Youwari di Kabupaten Jayapura, RSUD Jayapura, RS Dian Harapan, RSUD Abepura, RS Bhayangkara, RS Marthen Indey dan RS Provita di Kota Jayapura.

"Nantinya kami akan melakukan kerja sama dengan rumah sakit lainnya sehingga warga tidak kesulitan mendapatkan pelayanan kesehatan," kata Kadinkes Papua Tengah dr Silvanus Sumule.

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024