Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) melakukan kerja sama dalam meningkatkan pelayanan digital kepegawaian.

Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura John Wicklif Tegai saat dihubungi ANTARA di Sentani, Minggu mengatakan sistem pelayanan kepegawaian di daerah ini masih dilakukan secara manual.

“Sistem pelayanan kepegawaian masih manual sehingga belum bisa bekerja secara maksimal maka dengan kerja sama ini Pemprov Jabar akan membantu dalam peningkatan sistem pelayanan di sini (Kabupaten Jayapura),” katanya.

Menurut Tegai, era digitalisasi saat ini tidak bisa lagi sistem manual dipergunakan oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Jayapura karena menghambat waktu kerjanya.

“Sistem kerja bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) harus ditingkatkan lebih supaya kecepatan serta kenyamanan bagi masyarakat diperoleh,” ujarnya.

Dia menjelaskan dengan kerja sama antara Pemkab Jayapura dengan Pemprov Jabar maka hal yang dapat dilakukan ialah membuat replika aplikasi dan evaluasi resources atau sumber daya untuk lebih ditingkatkan.

“ASN di lingkungan Pemkab Jayapura dari beberapa OPD teknis yang berkaitan dengan layanan publik akan mengikuti bimtek atau pendampingan di Pemprov Jabar, atau instruktur dari sana (Jabar) yang ke sini,” katanya.

Dia menambahkan Pemkab Jayapura memilih Pemprov Jabar karena dari sisi kualitas pelayanan kepegawaian sudah sangat modern dan maju maka kelebihan itulah yang ingin diterapkan di Kabupaten Jayapura.

“Bayangkan kualitas aplikasi layanan yang maju, membuat Sijabar (aplikasi) dapat digunakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) pusat,” ujarnya.


Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024