Timika (ANTARA) - Balai Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan Provinsi Papua Tengah berkomitmen mengoptimalkan pelayanan saat arus mudik Lebaran 2024 di wilayah kerjanya.

Kepala Balai Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan Provinsi Papua Tengah Ferdi melalui rilis kepada ANTARA di Timika, Senin (1/4), mengatakan  pihaknya turut berpartisipasi dalam persiapan pembukaan pos koordinasi penyelenggaraan angkutan Lebaran 2024.

Sebelumnya, kata dia, apel siaga telah dilakukan oleh Kepala Kantor UPP Kelas II Poumako Farid Sujianto dengan melibatkan pihak karantina, dinas perhubungan, SAR, Polsek KP3 Laut Poumako, kantor kesehatan pelabuhan, BMKG, Pelni, dan Perum DAMRI.

Ferdi menginstruksikan kepada petugas karantina untuk menjalankan pengawasan serta memberikan pelayanan dengan sungguh-sungguh mengingat tingkat arus mudik akan padat.

"Bagi petugas, saya sangat mengharapkan untuk bersungguh-sungguh memberikan pelayanan karantina terhadap lalu lintas media pembawa hama penyakit hewan karantina (HPHK) dan hama penyakit ikan karantina (HPIK) serta organisme pengganggu tumbuhan karantina (OPTK)," ujarnya.

Ia mengimbau pejabat karantina dapat berupaya bersama mendukung penyelenggaraan angkutan laut Lebaran 2024 agar berjalan baik dan sukses.

Kepala Kantor UPP Kelas II Poumako Farid Sujianto menambahkan  penyelenggaraan angkutan Lebaran 2024 harus berjalan baik, lancar, dan aman.

"Harus menyelenggarakan transportasi laut yang baik, lancar, dan aman dengan harapan dapat memberikan yang terbaik bagi masyarakat pengguna transportasi laut pada masa Lebaran 2024," katanya.

Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024