Biak (ANTARA) - Personel TNI/Polri disiagakan untuk membantu pengamanan tempat pelaksanaan shalat Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah di Kabupaten Biak Numfor dan Kabupaten Supiori, Papua.

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri S.Ik pada acara safari Ramadhan di Biak menegaskan, personel TNI dan Polri sudah disiapkan untuk membantu pengamanan tempat pelaksanaan shalat Idul Fitri dan takbir keliling menyambut hari kemenangan Idul Fitri 1445 H.

Kapolda berharap semua elemen masyarakat di Tanah Papua untuk turut menjaga kebersamaan dan toleransi beragama dengan saling menghormati dalam merayakan hari besar keagamaan.

"Mari kita terus menjaga Tanah Papua sebagai daerah yang damai, aman, nyaman dan kondusif sehingga dapat mendukung berbagai program pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat Papua," pesan Kapolda Irjen Pol Mathius Fakhiri seusai shalat tarawih berjamaah dalam rangka safari Ramadhan di Masjid Agung Baiturrahman Biak.

Sementara itu, Kodim 1708 mengerahkan Babinsa untuk memback up pengamanan lokasi pelaksanaan shalat Id di masjid atau lapangan terbuka di kota Biak dan Supiori.

"Prajurit Kodim 1708 Biak sudah siap membantu pengamanan shalat Idul Fitri di masjid atau lapangan," ujar Komandan Kodim 1708/BN Letkol Inf Marsen Sinaga di Biak, Minggu.

Letkol Sinaga mengatakan, momentum shalat Idul Fitri 1445 Hijriah merupakan puncak dari ibadah puasa Ramadhan bagi umat Islam sehingga dalam pelaksanaan harus berlangsung aman dan kondusif.

Di saat hari raya Idul Fitri, lanjut Dandim, kalangan umat Islam di berbagai kampung dan distrik akan melakukan shalat Id berjamaah di masjid dan tempat lapangan terbuka.

"Yang jelas personel Kodim 1708 Biak Numfor siap bersinergi untuk membantu pengamanan tempat shalat Id maupun takbir menyambut malam hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah di Kabupaten Biak Numfor," katanya.

Disinggung jumlah personel TNI/Polri dilibatkan dalam pengamanan lokasi shalat Idul Fitri 1445 H, menurut Dandim, akan menyesuaikan dengan jumlah lokasi yang diselenggarakan PHBI.

"Sejumlah lokasi tempat shalat Id yang disiapkan panitia hari besar Islam (PHBI) Biak akan dijaga keamanan personel TNI/Polri," katanya.

Berdasarkan informasi beberapa lokasi shalat Idul Fitri 1445 yang disiapkan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Biak di antaranya lapangan hanggar Cenderawasih Burokub Lanud Manuhua, Masjid Agung Baiturrahman serta beberapa masjid di Biak Numfor dan Supiori.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024