Biak (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Biak Numfor, Papua mengajak warga setempat memanfaatkan layanan identitas kependudukan digital (IKD) saat mudik Lebaran 2024.

"Pengguna IKD terbanyak di Biak Numfor dilakukan warga yang sering keluar daerah karena lebih mudah gunakan HP Android atau smartphone (telepon pintar)," ujar Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Biak Numfor Johand Saapang di Biak, Senin.

Apalagi dalam suasana libur Lebaran 2024, katanya, warga setempat akan lebih mudah memanfaatkan IKD untuk berbagai keperluan terkait.

Dia menjelaskan aktivasi IKD dianjurkan agar masyarakat Kabupaten Biak Numfor tak lagi harus memegang KTP cetak.

Penerapan IKD, kata dia, telah dilakukan pemerintah sehingga saat ini IKD atau KTP digital tidak serta merta menggantikan KTP elektronik (KTP-el).

"Mengingat masih adanya penduduk yang tidak memiliki atau tidak terbiasa menggunakan smartphone, terutama daerah yang tidak terjangkau jaringan internet," katanya.

Dia menyebutkan aktivasi IKD sesuai dengan Permendagri No. 72 Tahun 2022 sebagai dokumen kependudukan yang dapat diakses secara elektronik.

Ia mengatakan IKD berfungsi sebagai pembuktian, autentikasi, dan otorisasi identitas pemilik.

"IKD juga dapat bermanfaat dalam mengakses layanan kependudukan ke depannya," katanya.

Berdasarkan data Disdukcapil, jumlah penduduk Kabupaten Biak Numfor per 31 Desember 2023 tercatat 148.338 jiwa.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024