Biak (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) memastikan pelayanan kesehatan di Kabupaten Biak Numfor, Papua, selama liburan Lebaran 2024 tetap beroperasi normal melayani warga setempat yang berobat

"Dinkes juga telah menyiagakan layanan kesehatan Public Safety Center (PSC) 119 selama liburan Lebaran yang beroperasi penuh selama 1X24 jam," kata Sekretaris Dinkes Biak Numfor Esau Leunufna di Biak, Sabtu.

Ia mengatakan PSC 119 sebagai unit teknis Dinkes Kabupaten Biak Numfor bertugas untuk memberikan pelayanan gawat darurat secara cepat, tepat, dan cermat, bagi masyarakat.

Selama libur Lebaran, lanjut dia, semua kebutuhan kesehatan masyarakat telah terlayani baik di IGD RSUD maupun puskesmas.

Esau mengatakan PSC 119 juga telah membantu penanganan kesehatan terhadap masyarakat di berbagai kampung.

Menurut dia, tim medis PSC 119 akan bergerak cepat jika dibutuhkan warga dalam penanganan kegawatdaruratan, sehingga dapat memberikan kemudahan bagi warga Biak Numfor.

Ia mengatakan selama liburan Lebaran tenaga medis yang bekerja sudah ada pengaturan sehingga layanan kesehatan tetap berjalan seperti biasanya.

Hingga Sabtu pukul 12.00 WIT layanan kesehatan untuk masyarakat di Kabupaten Biak Numfor yang berobat rawat jalan dan rawat inap RSUD Biak dan puskesmas, kata dia, masih berjalan normal dan lancar.

Untuk layanan kesehatan masyarakat pada  26 kampung dan kelurahan di wilayah Distrik Biak Kota masih terlayani lancar di Puskesmas Biak Kota, katanya.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024