Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua mengharapkan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Silas Papare dapat bersinergi dalam setiap pembangunan di daerah ini.

Hal itu disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Jayapura Triwarno Purnomo  pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI AU digelar di Lapangan Venue Rugby Lanud Silas Papare Jayapura, Sentani, Senin (22/4).

Dia mengatakan kehadiran TNI AU selama ini sangat membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) maupun ekonomi.

“Lokasi-lokasi yang dimiliki TNI AU difungsikan sebagai pusat kuliner dan ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat,” katanya.

Menurut penjabat bupati, prioritas penerimaan kepada orang asli Papua(OAP)  menjadi prajurit TNI AU pun sangat baik dalam meningkatkan SDM masyarakat Papua.

“Ada kekhususan dalam penerimaan TNI AU khususnya dari sisi nilai yang dibedakan antara OAP dan non OAP, dan sebagai kepala daerah bantuan ini sangat luar biasa memberikan kesempatan kepada masyarakat asli untuk menjadi prajurit TNI,” ujarnya.

Dia menjelaskan kehadiran Lanud Silas Papare Jayapura sangat membantu pengamanan wilayah Indonesia dari sektor udara, dan menjadi pertahanan terakhir di wilayah timur Indonesia.

“Kami berharap di usia ke-78 tahun banyak anak-anak muda Papua yang direkrut menjadi prajurit TNI AU guna merubah pola pikir dalam merawat dan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” katanya.

Dia menambahkan dengan kehadiran SD Angkasa milik Lanud Silas Papare, sudah secara langsung memberikan kontribusi positif dalam membina karakter anak bangsa di Papua melalui pendidikan.

“Kami sebagai kepala daerah menyampaikan selamat ulang tahun ke-78 semoga TNI AU semakin jaya, serta terus dapat berkontribusi dalam pembangunan di Papua,” ujarnya.
 

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024