Biak (ANTARA) - Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Biak Numfor, Papua, ZL Mailoa mengatakan Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi telah menetapkan Kabupaten Biak Numfor sebagai penyelenggara Sail Teluk Cenderawasih (STC) pada November 2024.

"Penunjukan STC di Biak ini sudah diterima Pemerintah Kabupaten Biak Numfor," ujar Mailoa dihadapan pemimpin 75 perguruan tinggi swasta se Tanah Papua di Biak, Papua, Selasa.

Ia mengharapkan dengan penetapan tersebut, perlu adanya dukungan dari semua jajaran ASN, pimpinan organisasi perangkat daerah, BUMN/BUMD serta TNI/Polri untuk menyukseskan agenda STC pada November 2024.

"Semua elemen masyarakat adat serta kerukunan keluarga masyarakat Nusantara ikut mendukung berbagai kegiatan STC Biak 2024," sebut Mailoa.

Ia mengatakan saat ini pemerintah Kabupaten Biak Numfor melalui Dinas Pariwisata (Dispar) tengah menyiapkan kelengkapan sarana prasarana penunjang STC.

Mailoa menyebut Biak telah sukeses menjadi penyelenggara STC Biak 2023 yang dihadiri Presiden Joko Widodo pada November 2023, sehingga fasilitas yang sudah dibangun dapat dimanfaatkan.

Untuk tahun kedua pelaksana kegiatan STC ini, lanjut dia, akan diselenggarakan berbagai kegiatan atraksi seni budaya, parade kapal wisata, perikanan, hiburan dan festival budaya suku Biak hingga pameran pelaku usaha ekonomi kreatif.

"Mari kita jaga situasi kamtibmas Biak Numfor yang selalu aman dan kondusif hingga banyak kegiatan pemerintahan dan kemasyarakatan digelar di Biak," katanya.

Mailoa juga berharap persiapan penyelenggaraan STC 2024 yang sudah dilakukan pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata Biak Numfor, dapat berjalan dengan baik.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Biak Numfor Onny Dangeubun berharap kegiatan STC Biak 2024 dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke daerahnya.

"Seperti STC Biak pada 2023, jumlah kunjungan wisatawan ke Biak mencapai 5.000 hingga 6.500 orang selama ajang berlangsung," katanya.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024