Jayapura (ANTARA) - Sebanyak enam siswa dari berbagai SMA/SMK yang ada di Kota Jayapura, Papua mengikuti lomba penulisan jurnalistik pada ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Kota Jayapura, Rabu.

"Enam siswa ini merupakan finalis dalam lomba ini jadi hari ini mereka akan menulis berita sesuai tema yang diberikan di sekolah dan kami akan memberikan penilaian untuk menentukan juara," kata dewan juri lomba penulisan jurnalistik Lucky Ireeuw di Jayapura, Rabu.

Menurut Ireeuw, karena ini merupakan puncak dari lomba penulisan jurnalistik maka peserta diberikan kesempatan lagi untuk melakukan wawancara atau juga mengumpulkan data tambahan dari tema yang diangkat kemudian dijadikan sebagai bahan penulisan.

Dia menjelaskan ada beberapa kriteria yang dinilai untuk memilih pemenang lomba tersebut diantaranya jumlah kata yang telah disepakati sebanyak delapan ribu karakter kemudian penulisan harus sesuai dengan tema yang diangkat.

"Selain itu ada ide atau judul yang menarik, itu yang menjadi penilaian dari tim juri untuk menentukan juara pertama, kedua dan ketiga," ujarnya.

Enam peserta yang masuk babak final lomba penulisan jurnalistik ini merupakan siswa dari SMA Negeri 4 Jayapura, SMA YPK Diaspora dan SMA Negeri 1 Jayapura.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMA YPK Diaspora Jayapura Metyor Amba mengatakan lomba penulisan jurnalistik merupakan salah satu mata lomba pada FLS2N 2024.

"Kami menilai lomba ini sangat bagus bagi anak-anak karena akan menambah wawasan mereka terutama dari segi literasi kemudian bisa mengasah kemampuan mereka untuk mengembangkan suatu tema," katanya.

Dia menjelaskan pihaknya mengirim dua siswa untuk mengikuti lomba penulisan jurnalistik dengan demikian diharapkan ke depan lebih banyak peserta didik yang berminat untuk mengikuti lomba tersebut.

Dia menambahkan hasil lomba ini akan dilaporkan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura sehingga akan mewakili Kota Jayapura ke tingkat provinsi.

Juara pertama pada lomba penulisan jurnalistik FLS2N tingkat Kota Jayapura 2024 ialah siswa SMA Negeri 4 Jayapura Archelia Joly Paranoan.

"Pastinya saya bersyukur dan merasa senang sekali mendapat juara pertama karena apa yang telah saya dilalui, yang pelajari bisa terbayar hari ini," kata Joly, siswa yang kini duduk di kelas 11 itu.

Dalam lomba tersebut mengusung tema yang telah ditentukan ialah "Merdeka Berprestasi, Talenta Seni, Menginspirasi Pelajar Pancasila Dari Resiliensi Meraih Mimpi".

 

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024