Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua, menyebutkan anak Papua perlu membudayakan membaca guna meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul.

Penjabat (Pj) Bupati Jayapura Triwarno Purnomo di Sentani, Selasa, mengatakan, dengan membaca maka pengetahuan anak terus bertambah sehingga dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

“Dengan dukungan buku-buku di perpustakaan kampung maka masyarakat khususnya pelajar bisa memanfaatkan itu sebagai sumber pengetahuan,” katanya.

Menurut Triwarno, orang tua harus mendorong anak-anaknya untuk banyak membaca buku bacaan apa saja terutama tentang pengetahuan umum.

“Literasi itu sangat penting bagaimana setiap anak dapat menumbuhkan kemampuan membaca dan menulis sehingga pengetahuannya akan ‘kaya’ dengan berbagai informasi positif,” ujarnya.

Dia menjelaskan 90 perpustakaan kampung telah dibangun oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan untuk mendukung program literasi yang terus diberikan kepada anak-anak Papua di 139 kampung dan lima kelurahan.

“Harapan kami dengan pembangunan perpustakaan kampung anak-anak Papua yang tinggal di daerah terisolir sekalipun tidak ketinggalan dengan berbagai informasi seputar pengetahuan umum maupun isu-isu yang berkembang saat ini,” katanya.

Dia menambahkan bahwa dana kampung atau desa bisa digunakan untuk mengembangkan program literasi, salah satunya bisa menyediakan internet gratis di perpustakaan yang dibuat oleh pemerintah daerah.

“Karakter anak bisa diubah dengan adanya dukungan semua pihak terutama orang tua dan pemerintah baik daerah maupun kampung sehingga generasi muda Papua ke depan bisa unggul,” ujarnya.


Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024