Jayapura (ANTARA) - Dinas Perikanan Kota Jayapura, Papua, bersinergi untuk mengelola potensi kelautan dan perikanan dengan berbagai pihak sehingga ke depan diharapkan potensi itu betul-betul berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat setempat.

Kepala Dinas Perikanan Kota Jayapura Matheys Sibi di Jayapura, Rabu, mengatakan untuk memastikan potensi kelautan maka masyarakat perlu diberi pelatihan tentang bagaimana memanfaatkan sumber daya baik di laut maupun darat sehingga hal ini memerlukan kolaborasi instansi terkait untuk bersama-sama meningkatkan kapasitas dari warga khususnya nelayan.

"Karena perikanan menjadi salah satu sektor unggulan Kota Jayapura yang bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah itu serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Sibi mengatakan, ada tujuh kampung di daerah pesisir pantai yang memiliki potensi perikanan laut dan dua kampung memiliki potensi perikanan darat.

"Dengan demikian jika potensi ini dapat dikelola dengan baik maka akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kampung tersebut," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya berharap potensi perikanan dan kelautan dapat menjadi primadona baru pembangunan di Kota Jayapura di masa mendatang.

"Untuk itu perlu juga kesadaran masyarakat selain mengembangkan setiap potensi tetapi juga dibarengi dengan kesadaran menjaga lingkungan agar tetap bersih," katanya lagi.

Dia menambahkan hal tersebut bertujuan agar dalam mengembangkan potensi yang berkaitan dengan perikanan air laut maupun darat dapat dirasakan manfaatnya seperti penjualan dan pendapatan.

"Kami juga terus melakukan pendampingan dan menyediakan bantuan sarana dan prasarana baik perikanan tangkap maupun budidaya serta pengolahan sehingga dapat membantu para nelayan dalam menangkap ikan," ujarnya.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024