Biak (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Biak Numfor, Papua, melakukan uji coba penggunaan ambulans laut memberikan layanan cepat tanggap darurat kesehatan Public Safety Center (PSC) 119 untuk masyarakat di Pulau Numfor, Jumat.

“Dengan ambulans laut Dinkes bersama Penjabat Bupati Sofia Bonsapia menuju Pulau Numfor untuk mendampingi kunjungan kerja Penjabat Gubernur Papua Ridwan Rumasukun pada 25 Mei 2024  memberikan layanan kesehatan masyarakat untuk mencegah stunting," ujar Kepala Dinas Kesehatan Biak Numfor Daud Nathaniel Duwiri M.Kes di Biak, Jumat.

Ia mengatakan program layanan publik PSC 119 disediakan jajaran Kementerian Kesehatan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat di kepulauan Kabupaten Biak Numfor.

Duwiri menyebutkan tujuan pelayanan PSC 119 guna mencegah kematian pada pasien gawat darurat.

"Fungsi PSC 119 membantu dalam mengevakuasi pasien korban gawat darurat ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan," katanya.

Diakuinya layanan cepat tanggap darurat PSC 119 dimiliki Kabupaten Biak Numfor di wilayah Papua masih terbaik karena petugasnya siaga 24 jam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

PSC 119 Biak Numfor juga menyediakan layanan mobil ambulans membantu perawatan pasien sakit untuk mendapatkan rujukan ke rumah sakit.

"Jika ada warga Biak Numfor yang membutuhkan layanan kesehatan gawat darurat langsung menghubungi PSC 119 untuk diberikan pertolongan pertama," katanya.

Berdasarkan data, Dinkes Biak juga menyiapkan 21 Puskesmas untuk melayani perawatan fasilitas kesehatan pasien tingkat pertama.*

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024