Biak (ANTARA) - Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) wilayah VI Papua-Maluku bersama Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Biak Numfor menerima pendaftaran 34 warga Lansia untuk mengikuti operasi Katarak 2024.

"Sesuai dengan jadwal untuk pelaksanaan operasi Katarak di Kabupaten Biak Numfor berlangsung pada 21-23 Juni 2024," kata Kepala Dinas Sosial Biak Numfor Ferry Betay di Biak, Jumat.

Ia menjelaskan, operasi Katarak di RSUD Biak merupakan hasil kerja sama BBPPKS wilayah VI dengan Polda Papua, RSUD, dan Dinas Kesehatan.

Sementara itu, Kepala BBPPKS wilayah VI Papua-Maluku John H.Mampioper mengatakan, pelaksanaan operasi Katarak untuk 34 Lansia di Kabupaten Biak Numfor itu bekerja sama dengan dokter RSUD Biak, Dinkes dan RS Bhayangkara Jayapura dalam rangkaian hari ulang tahun Bhayangkara 2024.

John menjelaskan, sebelum dilakukan operasi Katarak pada 21 Juni 2024 dilakukan screening kepada 34 Lansia terdaftar yang berasal dari berbagai kampung, kelurahan, dan distrik/kecamatan.

"Operasi Katarak digelar pihak Kemensos memprioritaskan bagi Lansia yang tidak mampu," katanya.

Ia berharap, kegiatan program operasi Katarak Lansia bisa berjalan lancar guna memenuhi kebutuhan warga lanjut usia di Kabupaten Biak Numfor.

Operasi Katarak program Kemensos dalam rangkaian kegiatan hari Lansia Nasional ke-28 tahun 2024 di Papua tersebar dua lokasi, yakni Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Biak Numfor.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024