Timika (ANTARA) - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dinakeswan) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah melakukan pengecekan kesehatan semua hewan kurban menjelang perayaan Idul Adha 1445 hijriah.

“Kami mengecek dan memastikan hewan kurban ini dalam keadaan sehat sebelum nantinya dikonsumsi oleh masyarakat saat lebaran Idul Adha,” kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Mimika Sabelina Fitriani di Timika, Kamis.

Menurut Sabelina, pihaknya mengecek hewan kurban pada dua pemasok sapi yakni di SP 4 dan Kilometer 9 Kelurahan Wonosari Jaya Distrik Wania.

“Jadi pemeriksaan hewan kurban ini melibatkan tim dokter hewan dan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Mimika yang juga melakukan survei kelayakan sebelum disembelih sesuai syariat Islam,” ujarnya.

Dia menjelaskan hal ini dilakukan untuk mewaspadai penyakit hewan menular menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 hijriah.

“Kami ingin menjamin ternak yang dikonsumsi itu aman, sehat, utuh dan halal untuk masyarakat, serta terbebas dari penyakit hewan menular,” katanya.

Dia menambahkan pemeriksaan hewan kurban meliputi kesehatan mata, hidung, bulu dan mewaspadai penyakit ternak yang membahayakan untuk dikonsumsi.

"Hasil pengecekan hewan kurban, semua dinyatakan memenuhi syarat dan tidak terindikasi penyakit," katanya.


Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024