Jayapura (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Jayapura, Papua terus melakukan upaya untuk mengoptimalkan capaian pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di daerah ini dengan menyisir anak usia 0-7 tahun atau hingga kelas dua SD.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura Ni Nyoman Sri Antari di Jayapura, Jumat, mengatakan pelaksanaan PIN Polio tahap pertama di daerah itu baru mencapai 29 persen.

"Kami target sekitar 60 ribu anak SD kelas satu dan dua di Kota Jayapura mendapat imunisasi polio sehingga kami akan terus mencari anak-anak untuk mengikuti PIN Polio," katanya.

Menurut Sri, pihaknya saat ini gencar melakukan penyisiran anak-anak baik di rumah ibadah maupun fasilitas umum untuk diberikan tetes manis polio.

"Karena tetes manis polio bertujuan supaya jangan sampai anak lumpuh," ujarnya.

Pihaknya berharap semua pihak dapat juga berperan dalam menyelesaikan PIN Polio karena anak-anak mempunyai hak untuk mendapatkan imunisasi polio.

"Memang perlu kolaborasi lintas sektor untuk menyukseskan PIN Polio di Kota Jayapura sehingga kami berharap orang tua juga bisa membawa anak ke puskesmas," katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya tetap berupaya untuk bisa mencapai target yang telah ditetapkan dan diharapkan dukungan berbagai pihak dalam menyukseskan PIN Polio di Kota Jayapura.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024