Timika (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, Provinsi Papua Tengah mengimbau masyarakat untuk peduli  menjaga lingkungan dari pencemaran sampah, agar terhindar dari ancaman penyakit.

Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Pemkab Mimika Marthen Melisa di Timika, Sabtu, mengatakan, pengelolaan sampah yang buruk akan berdampak pada timbulnya berbagai penyakit.

“Sosialisasi pengelolaan sampah yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup Mimika ini sangat baik sekali, hal ini sangat penting agar ada keberlanjutan,” katanya.

Menurut Marthen, sampah merupakan musuh bagi lingkungan, karena dapat menimbulkan serta mencemari tempat tinggal manusia.

“Membuang sampah dengan sembarangan berdampak pada lingkungan menjadi kotor, kumuh maka akan mudah terserang penyakit,” ujarnya.

Dia menjelaskan kesadaran masyarakat saat ini masih sangat kurang, karena tanda larangan yang dipasang juga tidak diindahkan.

“Kami merasa bahwa kesadaran masyarakat masih sangat kurang meskipun sudah ada tulisan larangan membuang sampah tetapi tetap saja ada yang membuang,” katanya.

Dia berharap melalui sosialisasi yang diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup nantinya akan tumbuh kesadaran bersama, dan belajar tentang sampah serta cara mengelolanya.

“Saya mengajak seluruh masyarakat Mimika untuk bersama-sama menjaga Kota Timika tetap bersih dan sehat, karena ini akan memberi dampak bagi generasi penerus dan lingkungan,” ujarnya.


Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024